Benchmarking Fakultas Hukum UII ke PMDG dan ICAST UNIDA Gontor dalam Pengelolaan dan Pengembangan Aset Wakaf

benchmarking-fakultas-hukum-uii-ke-pmdg-dan-icast-unida-gontor-dalam-pengelolaan-dan-pengembangan-aset-wakaf

UNIDA Gontor – International Centre for Awqaf Studies (ICAST) Gontor dan Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan kerjasama dalam bentuk benchmarking FH UII ke Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dan UNIDA Gontor. Rombongan UII diwakili oleh Prof. Budi Agus Riswandi, S.H., M.Hum (Dekan FH UII), Drs. Agus Triyanta, M.H., M.A., Ph.D. (Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni), Dr. Jamaludin Ghafur, S.H., M.H. (Ketua Tim Wakaf), Ahmad Sadzali, Lc., M.A. (Anggota Tim Wakaf), dan Trisna Samodra, S.Si., M.Kom (Anggota Tim Wakaf) tiba di PMDG pada hari Rabu, 18 Januari 2023. Acara diawali dengan silaturahmi bersama pimpinan PMDG dan dilanjutkan meninjau secara langsung unit-unit usaha pondok yang merupakan aset wakaf yang dikembangkan, dimulai dari pabrik air Minum Armila, percetakan Darussalam, SPBU Gontor, dan La Tansa Departement Store. Tujuan dari peninjauan beberapa unit usaha tersebut adalah melihat secara real asset wakaf yang terus berkembang dan dikelola.

Selepas sholat dhuhur, acara benchmarking dilanjutkan dalam bentuk diskusi dan sharing mengenai pengelolaan, penghimpunan, dan pengembangan asset wakaf yang dimoderatori oleh wakil direktur ICAST Al-Ustadz Mufti Afif, Lc., M.A. Dalam mengawali diskusi, Al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M.Ec., memaparkan filosofi wakaf Gontor, dilanjutkan pemaparan kedua oleh wakil direktur Pascasarjana UNIDA Gontor, Al-Ustadz Dr. Jarman Arroisi, M.A tentang sejarah berdirinya Yayasan Pengelolaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern (YPPWPM), dan Al-Ustadz Ismail Budi Prasetyo, S.Ag selaku ketua YPPWPM yang menyampaikan topik pemeliharaan dan pengembangan wakaf Gontor. 

Harapan besar dari acara ini adalah untuk meningkatkan literasi dan kompetensi sumber daya manusia terkait wakaf, terwujudnya jalinan silaturahmi dan kerjasama antara UNIDA Gontor dengan UII.

Reporter : Delvina

Leave a Reply