Edukasi Wakaf: ICAST UNIDA Gontor Kembali Syiarkan Wakaf Lewat SUARGO FM

edukasi-wakaf-icast-unida-gontor-kembali-syiarkan-wakaf-lewat-suargo-fm

ICAST UNIDA Gontor – Rabu 14 Juni 2024 International Centre For Awqaf Studies (ICAST) bersama SUARGO FM melaksanakan DIRASAH “Dialog Seputar Tsaqofah dan Mar`rifah” dengan Tema “Manajemen Wakaf Produktif” yang dibawakan oleh Al ustadz Hartomi Maulana, M.Sc.Fin.

Divisi Riset dan Publikasi, divisi ini hadir dalam rangka menjadi ICAST Research Centre, pusat penelitian dan publikasi terkait studi wakaf di berbagai sektor (perbankan syariah dan konvensional, lembaga keuangan non-perbankan, pasar modal syariah, bahkan ekonomi pesantren). Hasil riset yang dipublikasikan nanti diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ditargetkan untuk memberikan referensi untuk ekonomi berkelanjutan berbasis wakaf serta rekomendasi kebijakan wakaf bagi para pemangku kepentingan, pelaku bisnis dan masyarakat.

Salah satu langkah yang dilakukan Divisi Riset dan Publikasi adalah menyelenggarakan ABDIMAS terkait wakaf. Kegiatan ini merupakan edukasi masyarakat terkait pentingnya wakaf bagi umat. Peserta ABDIMAS berasal dari pendengar suargo FM di sekitar Ponorogo, yang diisi oleh pemateri dari internal ICAST dan dilaksanakan secara langsung di Studio Suargo FM.

Dari banyak materi yang disampaikan beliau adalah “Wakaf produktif diolah utk dapat menghasilkan barang atau jasa kemudian dijual dan hasilnya dipergunakan sesuai dengan tujuan wakaf. Perbedaan wakaf langsung vs wakaf produktif terletak pada pola manajemen dan cara pelestarian wakaf. Wakaf langsung: perlu biaya utk perawatan dan dananya diperoleh dari luar benda wakaf. Wakaf produktif: sebagian hasilnya dipergunakan utk merawat dan melestarikan benda wakaf dan selebihnya utk bagikan kpd orang2 yang berhak sesuai dengan tujuan wakaf.”

Dengan hal ini ICAST UNIDA Gontor berharap dapat senantiasa mendidik dan mengedukasi masyarakat islam tentang wakaf dan mampu istiqomah dalam menjalankan amanat Trimurti selaku pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Leave a Reply