Istiqomah dalam Penelitian: ICAST UNIDA Gontor Kembali Gelar Waqf Research Sharing

istiqomah-dalam-penelitian-icast-unida-gontor-kembali-gelar-waqf-research-sharing

ICAST UNIDA Gontor – Ahad, 4 Juni 2023 International Centre for Awqaf Studies Menyelenggarakan Waqf Research Sharing dengan tema “Nadzir Wakaf: Pengenalan dan Konsekuensi Psikologisnya Terhadap Keberlangsungan Penglolaan Aset Wakaf” yang dibawakan oleh Al Ustadz Alfarid Fedro, S.Ag., M.H. dan dilaksanakan secara Offline dan Online dengan 60 Peserta.

Divisi Edukasi Publik dan Literasi Wakaf, divisi ini hadir untuk mengedukasi dan membantu meningkatkan literasi masyarakat di bidang perwakafan. Sehingga dapat diharapkan tumbuhnya kesadaran di tengah masyarakat akan dampak sistemik wakaf yang positif untuk kesejahteraan lahir dan batin. Karenanya, ICAST telah merancang beragam program-program unggulan guna meningkatkan literasi masyarakat di bidang wakaf yang tetap dikemas dalam ranah pendidikan baik formal maupun non-formal.

Salah satu langkah yang dilakukan Divisi Edukasi Publik dan Literasi Wakaf adalah menyelenggarakan Waqf Research Sharing #1 terkait wakaf. Kegiatan ini merupakan edukasi masyarakat terkait pentingnya wakaf bagi umat. Peserta Waqf Research Sharing merupakan akademisi dan masyarakat umum, yang diisi oleh pemateri dari internal ICAST dan dilaksanakan secara tatap muka maupun dalam jaringan

Diantara yang beliau sampaikan adalah “Konsekuensi psikologis Nazhir dalam pengelolaan asset wakaf; memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola asset wakaf. konsekuensinya tekanan psikologis untuk menjalankan tugas tersebut dengan cermat dan adil. Mengharuskan individu untuk mengikuti prinsip-prinsip moral dan etika yang kuat. Konsekuensinya konsisten dalam menjaga integritas, transparansi, dan keadilan dapat menjadi factor psikologis yang signifikan.”

Dengan hal ini ICAST UNIDA Gontor berharap dapat senantiasa mendidik dan mengedukasi masyarakat islam tentang wakaf dan mampu istiqomah dalam menjalankan amanat Trimurti selaku pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Leave a Reply