Perkuat Penelitian: ICAST UNIDA Gontor Gelar Workshop Metode Penelitian Kualitatif Bersama Pakar

perkuat-penelitian-icast-unida-gontor-gelar-workshop-metode-penelitian-kualitatif-bersama-pakar

ICAST UNIDA Gontor РRabu, 16 Agustus 2023 International Centre for Awqaf Studies (ICAST UNIDA Gontor) melaksanakan Workshop Metode Penelitian Kualitatif: Case Study bersama pakar metode kualitatif Indra Fajar Alamsyah, S.E., M.H., Ph.D. (Kasie Penelitian LPPM Universitas Islam Bandung) yang degelar secara Daring dan diikuti oleh seluruh Asatidz ICAST UNIDA Gontor beserta Wakil Rektor 3 UNIDA Gontor Al Ustadz Khairul Umam Dr. Khoirul Umam, M.Ec.

ICAST dengan fokus utamanya dalam pendidikan di bidang perwakafan tidak menghimpun, mengelola dan mendistribusikan wakaf, namun, Pusat Studi ini didirikan untuk mendidik masyarakat bagaimana mengelola wakaf secara produktif mulai dari fundraising, pengelolaan sampai pemberdayaan hasil wakaf kepada mauquf alaihi.

Dalam upaya meningkatkan keilmuan Pengurus Harian ICAST UNIDA Gontor khususnya dan para Asisten Peneliti serta Pegiat wakaf, maka ICAST UNIDA Gontor Divisi Edukasi Publik dan literasi Wakaf ingin mengadakan Workshop Metodologi Penelitian untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan terkait hal tersebut.  

Diantara yang pemateri sampaikan adalah “Bahwa dalam penelitian kualitatif bukan hanya kita harus bersifat objektif tetapi juga harus bersifat subjektif dengan mendekati sumber info atau informan untuk mendapatkan data yang valid”.

Dengan hal ini ICAST UNIDA Gontor berharap dapat senantiasa mendidik dan mengedukasi masyarakat islam tentang wakaf dan mampu istiqomah dalam menjalankan amanat Trimurti selaku pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Leave a Reply